Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-12 Modul 3.3 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-12 Modul 3.3 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7



Assalamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuuh

Pada jurnal dwi mingguan keduabelas ini, kembali saya akan merefleksikan apa yang telah saya pelajari dalam Modul 3.3 dengan berpedoman pada model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greeanaway.

 

Facts (Peristiwa)

Pada dwi mingguan keduabelas, mulai tanggal 22 Mei 2023 – 3 Juni 2023 seluruh Calon Guru Penggerak Angkatan 7 masih melanjutkan untuk mempelajari Modul 3.3 dengan mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan di LMS (Learning Management System) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yang akan dipandu oleh Pengajar Praktik, Fasilitator dan Instruktur.

 

Kegiatan diawali dengan Video Conference Diskusi Mandiri di alur Ruang Kolaborasi pada tanggal 22 Mei 2023. Pada sesi Ruang Kolaborasi kali ini, CGP bekerja dalam kelompok  membuat gambaran umum sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid yang secara sengaja dirancang untuk mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid.  Kelas dibagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan pengajar praktik.

 






Selanjutnya hasil diskusi dipresentasikan pada kegiatan Video Conference sesi Ruang Kolaborasi pada tanggal 23 Mei 2023.

 










Kegiatan berikutnya adalah Demonstrasi Kontekstual pada tanggal 24-25 Mei 2023. Pada kegiatan Demonstrasi Kontekstual ini CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

 

Pada tanggal 26 Mei 2023 merupakan jadwal saya Pendampingan Individu 5. Kegiatan PI-5 ini di antaranya meliputi percakapan pasca observasi dan penilaian pembelajaran yang berpusat pada murid.

 








Selanjutnya adalah kegiatan Elaborasi Pemahaman Modul 3.3 masih pada pada tanggal 26 Mei 2023 dengan mengajukan pertanyaan di LMS bila ada yang belum dipahami untuk kemudian dibahas bersama Instruktur Ibu Listiyawati pada tanggal 29 Mei 2023 saat sesi Diskusi Virtual Elaborasi Pemahaman Modul 3.3.






Kegiatan berikutnya adalah Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata pada tanggal 30 Mei – 5 Juni 2023. Pada kegiatan Aksi Nyata ini
CGP dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata untuk kemudian membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut.

 

Kegiatan selanjutnya adalah Post Test Paket Modul 3.3 pada tanggal 31 Mei 2023.

 

Kegiatan dilanjut dengan  Lokakarya 5 yang dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2023 di SMK Islamic Village, Kabupaten Tangerang, Banten.


























Feelings (Perasaan)

Selama kurang lebih dua minggu keduabelas saya mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak ini, saya merasa semakin optimis untuk terus belajar, khususnya dalam modul ini mengenai pengelolaan program yang berdampak positif pada murid. Melalui modul ini, saya menyadari bahwa ternyata kita harus berpikir berbasis kekuatan/aset (Asset-Based Thinking) dalam melakukan tindakan, pun dalam pengelolaan program sekolah, seorang guru harus mampu memanfaatkan apapun kekuatan/aset yang ada pada sekolah untuk menunjang proses pembelajaran yang berpihak pada murid.

 

Findings (Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 3.2 saya lebih banyak belajar untuk memahami tentang kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila; suara (voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid; lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid; pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.

 

Future (Penerapan)

Saya akan berusaha untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak terkait lainnya untuk membuat program-program sekolah dengan mengelola dan memanfaatkan segala aset/modal yang dimiliki sekolah untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid yang menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila.

 

Demikian refleksi dwi mingguan keduabelas saya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Salam dan bahagia Ibu dan Bapak Guru hebat..

Ayo kita tergerak, bergerak dan menggerakkan..
Salam Guru Penggerak..
Guru Bergerak, Indonesia Maju  

Wassalamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuuh  








Post a Comment for "Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-12 Modul 3.3 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7"