Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-11 Modul 3.2 – Modul 3.3 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7
Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-11 Modul 3.2 – Modul 3.3 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Assalamu’alaikum
warohmatulloohi wabarokaatuuh
Pada jurnal dwi mingguan kesebelas ini, kembali saya akan merefleksikan apa yang telah saya pelajari dalam Modul 3.2 dan Modul 3.3 dengan berpedoman pada model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greeanaway.
Facts (Peristiwa)
Pada dwi mingguan kesebelas,
mulai tanggal 8-20 Mei 2023 seluruh Calon Guru Penggerak Angkatan 7 masih
melanjutkan untuk mempelajari Modul 3.2 kemudian dilanjut Modul 3.3 dengan mengikuti
rangkaian kegiatan pelatihan di LMS (Learning
Management System) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yang akan
dipandu oleh Pengajar Praktik, Fasilitator dan Instruktur.
Kegiatan diawali dengan Demonstrasi Kontekstual pada tanggal 8-9 Mei 2023. Pada kegiatan Demonstrasi Kontekstual
ini CGP dapat menganalisis tayangan video praktik
baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan
kualitas pembelajaran murid. Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu
CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA
yang sudah didiskusikan pada Modul 1.3 sebelumnya.
Selanjutnya
adalah kegiatan Elaborasi Pemahaman Modul 3.2 pada tanggal 10 Mei 2023 dengan
mengajukan pertanyaan di LMS bila ada yang belum dipahami untuk kemudian
dibahas bersama Instruktur Bapak Wandiyo pada tanggal 11 Mei 2023 saat sesi Diskusi Virtual Elaborasi
Pemahaman Modul 3.2 yang diakhiri dengan Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata
dengan mengidentifikasi secara kolaboratif
bersama warga sekolah lainnya tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki
sekolah.
Kegiatan selanjutnya adalah Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep dengan
moda Mandiri Modul 3.3 pada tanggal 15-16 Mei 2023.
Kegiatan
eksplorasi konsep ini dilanjut pada tanggal 17-19 Mei 2023 dalam Forum Diskusi.
Dalam eksplorasi
konsep ini, CGP dapat
mengkonstruksi pemahaman mereka tentang kepemimpinan
murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila; suara
(voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (ownership)
murid dalam konsep kepemimpinan murid; lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya
kepemimpinan murid; pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya
kepemimpinan murid.
Feelings (Perasaan)
Selama kurang lebih
dua minggu kesebelas saya mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak ini, saya
merasa semakin optimis untuk terus belajar, khususnya dalam modul ini mengenai
pengelolaan program yang berdampak positif pada murid. Melalui modul ini, saya
menyadari bahwa ternyata kita harus berpikir berbasis kekuatan/aset (Asset-Based Thinking) dalam melakukan
tindakan, pun dalam pengelolaan program sekolah, seorang guru harus mampu
memanfaatkan apapun kekuatan/aset yang ada pada sekolah untuk menunjang proses
pembelajaran yang berpihak pada murid.
Findings (Pembelajaran)
Setelah mempelajari
modul 3.2 saya lebih banyak belajar untuk memahami tentang kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila;
suara (voice), pilihan (choice) dan
kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid; lingkungan
yang mendukung tumbuhkembangnya
kepemimpinan murid; pentingnya melibatkan komunitas
untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
Future (Penerapan)
Saya akan berusaha
untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak terkait
lainnya untuk membuat program-program sekolah dengan mengelola dan memanfaatkan
segala aset/modal yang dimiliki sekolah untuk mewujudkan pembelajaran yang
berpihak pada murid yang menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila.
Demikian refleksi dwi mingguan kesebelas saya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih..
Salam dan bahagia Ibu dan Bapak Guru hebat..
Wassalamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuuh






Post a Comment for "Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-11 Modul 3.2 – Modul 3.3 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7"