Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-10 Modul 3.2 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-10 Modul 3.2 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7


Assalamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuuh

Pada jurnal dwi mingguan kesepuluh ini, kembali saya akan merefleksikan apa yang telah saya pelajari dalam modul 3.2 dengan berpedoman pada model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greeanaway.

 

Facts (Peristiwa)

Pada dwi mingguan kesepuluh, mulai tanggal 17 April 2023 – 6 Mei 2023 seluruh Calon Guru Penggerak Angkatan 7 mempelajari modul 3.2 dengan mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan di LMS (Learning Management System) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yang akan dipandu oleh Pengajar Praktik, Fasilitator dan Instruktur.

 

Kegiatan diawali dengan pembelajaran tahap Aksi Nyata Modul 3.1 pada tanggal 17 April 2023.

 

Kegiatan selanjutnya adalah Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep dengan moda Mandiri pada tanggal 2 Mei 2023.

Kegiatan eksplorasi konsep ini dilanjut pada tanggal 3 Mei 2023 dalam Forum Diskusi. Dalam eksplorasi konsep ini, banyak sekali pelajaran yang didapat, yaitu mengenai faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah, membedakan Pendekatan Berbasis Kekurangan/Masalah (Deficit-Based Approach) dan Pendekatan Berbasis Aset/Kekuatan (Asset-Based Approach) memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset Based Community Development/ABCD), mengetahui karakteristik komunitas yang sehat dan resilien, mengenal aset-aset dalam sebuah komunitas serta membedakan tujuh aset utama yang dimiliki lingkungan sekolah.

 

Selanjutnya adalah kegiatan Video Conference Diskusi Mandiri di alur Ruang Kolaborasi pada tanggal 4 Mei 2023. Kelas dibagi menjadi 4 kelompok dalam kegiatan diskusi. Saya termasuk Kelompok 3 bersama rekan CGP lain yaitu Kurniadin dan Suryani Br Gultom. Kelompok berdiskusi untuk mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif.





Selanjutnya hasil diskusi dipresentasikan pada kegiatan Video Conference Diskusi Mandiri di alur Ruang Kolaborasi pada tanggal 5 Mei 2023.










Feelings (Perasaan)

Selama kurang lebih dua minggu kesepuluh saya mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak ini, saya merasa semakin bersemangat untuk terus belajar dan belajar karena ternyata banyak hal yang harus dipelajari guna memberikan yang terbaik bagi peserta didik, menuntun mereka sesuai kodrat dan zamannya, termasuk dengan mempelajari modul ini yaitu tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.


Findings (Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 3.2 saya lebih banyak belajar untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah, membedakan Pendekatan Berbasis Kekurangan/Masalah (Deficit-Based Approach) dan Pendekatan Berbasis Aset/Kekuatan (Asset-Based Approach) memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset Based Community Development/ABCD), mengetahui karakteristik komunitas yang sehat dan resilien, mengenal aset-aset dalam sebuah komunitas serta membedakan tujuh aset utama yang dimiliki lingkungan sekolahnya.


Future (Penerapan)

Saya akan berusaha untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak terkait lainnya mewujudkan ekosistem sekolah yang mampu mengelola dan memanfaatkan segala aset/modal yang dimiliki sekolah untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid yang menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila.

 

Demikian refleksi dwi mingguan kesepuluh saya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Salam dan bahagia Ibu dan Bapak Guru hebat..

Ayo kita tergerak, bergerak dan menggerakkan..
Salam Guru Penggerak..
Guru Bergerak, Indonesia Maju  

Wassalamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuuh  






Post a Comment for "Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-10 Modul 3.2 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7"