Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-8 Modul 3.1 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7
Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-8 Modul 3.1 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7
Assalamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuuh
Pada jurnal dwi mingguan kedelapan ini, kembali saya akan merefleksikan apa yang telah saya pelajari dalam modul 3.1 dengan berpedoman pada model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greeanaway.
Facts (Peristiwa)
Pada dwi mingguan kedelapan, seluruh Calon Guru
Penggerak Angkatan 7 mulai melakukan Aksi Nyata berdasarkan pembelajaran pada
Modul 2.3 mengenai Coaching
untuk Supervisi Akademik. Kegiatan
ini meliputi Pra Observasi, Observasi dan Pasca Observasi.
Setelah mengikuti Pre Test, lanjut dengan Modul 3.1 dengan mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan di LMS (Learning Management System) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yang akan dipandu oleh Pengajar Praktik, Fasilitator dan Instruktur. Seperti sebelumnya, kegiatan pelatihan ini mengikuti alur MERDEKA, yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata.
Kegiatan
dimulai dengan Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep dengan moda Mandiri pada
tanggal 31 Maret 2023.
Dalam eksplorasi konsep ini,
banyak sekali pelajaran yang didapat, yaitu mengenai Pengambilan Keputusan Berdasarkan
Nilai-nilai Kebajikan sebagai Pemimpin, yang di dalamnya dibahas mengenai pengertian
makna Sekolah sebagai Institusi Moral, Prinsip-Prinsip Etika, Keterampilan
Pengambilan Keputusan, Bujukan Moral dan Dilema Etika, Empat Paradigma Dilema
Etika, Kasus Dilema Etika, Prinsip Pengambilan Keputusan, Prinsip Dilema Etika
serta Pengambilan dan Pengujian Keputusan.
Feelings
(Perasaan)
Selama kurang lebih dua minggu kedelapan saya
mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak ini, saya merasakan berbagai emosi
saat mempelajari dan memahami modul 3.1 ini. Pada
awalnya saya merasa cemas ketika membaca judul modul ini tentang Pengambilan
Keputusan Berdasarkan Nilai-nilai Kebajikan sebagai Pemimpin
karena saya merasa khawatir jika saya akan kesulitan dalam memahami dan
menerapkannya. Seiring berjalannya waktu, saya merasa sangat senang sekali
ketika perlahan belajar untuk memahami materi tentang Pengambilan
Keputusan Berdasarkan Nilai-nilai Kebajikan sebagai Pemimpin
melalui kasus-kasus yang disajikan dalam Modul 31.
Findings
(Pembelajaran)
Setelah mempelajari materi pada Eksplorasi Konsep
Modul 3.1 saya lebih banyak belajar lagi dan tentunya menambah wawasan bahwa
ternyata dalam Pengambilan Keputusan Berdasarkan Nilai-nilai
Kebajikan sebagai Pemimpin, ada
hal-hal yang harus dipahami dan diperhatikan, misalnya saja tentang 4
paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah dalam pengambilan keputusan.
Future
(Penerapan)
Selanjutnya, dengan berbekal pemahaman materi
mengenai Pengambilan Keputusan Berdasarkan Nilai-nilai
Kebajikan sebagai Pemimpin ini yang
insyaaAllah akan di-upgrade terus
serta bertukar pengalaman dengan rekan CGP lain, saya merasa optimis akan dapat
menerapkannya di lingkungan sekitar utamanya di sekolah.
Demikian refleksi dwi mingguan kedelapan saya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Salam dan bahagia Ibu dan Bapak Guru hebat..
Wassalamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuuh







Post a Comment for "Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-8 Modul 3.1 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7"